Minggu, 31 Oktober 2010

NASA Siap Luncurkan Discovery November Mendatang


WASHINGTON (Berita SuaraMedia) - Pesawat ulang-alik Discovery akan diluncurkan dengan membawa enam orang awak, yang dijadwalkan akan diterbangkan pada tanggal 1 November untuk menuju International Space Station.


ilustrasi

Tanggal peluncuran Discovery diumumkan setelah dilakukan sebuah pertemuan NASA di Kennedy Space Centre, Florida, untuk mengecek persiapan apakah pesawat beserta para awak sudah siap untuk misi selama 11 hari tersebut. Demikian seperti yang diberitakan AFP.

"Kini kami sedang dalam kondisi bagus untuk peluncuran ini," ujar Mike Leinbach, launch-director dari Discovery.

Peluncuran ini adalah misi penerbangan terakhir dari Discovery, sebelum pesawat tersebut diistirahatkan. Peluncuran ini juga adalah pesawat ke empat Discovery dan peluncuran terakhir dari Discovery untuk tahun ini.

Dalam pertemuan tersebut, senior NASA dan manajer kontraktor menilai risiko yang terkait dengan misi dan antar-jemput meliputi peralatan stasiun, dukungan sistem dan personil sudah dinyatakan siap.
Tiga pesawat ulang-alik yang sebelumnya akan dikirim ke museum setelah misi terakhir mereka ke International Space Station (ISS) bulan Februari kemarin.

Bagaimanapun, NASA baru-baru ini sudah menyetujui budget 2011 untuk sebuah pesawat tambahan yang akan diterbangkan pada bulan Juni 2011.

Para awak Discovery, termasuk seorang spesialis wanita bernama Nicole Stott, akan mengantarkan Permanent Multipurpose Module (PMM) ke stasiun. PMM dikonversi dari modul logistik serbaguna Leonardo dan akan menyediakan penyimpanan tambahan untuk awak stasiun. Percobaan dalam bidang-bidang seperti fisika fluida, bahan ilmu pengetahuan, biologi dan bioteknologi ada di dalam modul.

PMM juga membawa Robonaut 2, robot mirip manusia pertama di luar angkasa, yang akan menjadi penduduk tetap stasiun. Selain itu, penerbangan akan mengantarkan suku cadang kritis dan Express Logistics Carrier 4, sebuah platform eksternal yang membawa alat-alat besar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks you...